Senin, 01 Februari 2016

Pengalaman Tes CBT di UII Yogyakarta

Assalamualaikum. . .

        Beberapa bulan lalu ketika masih bingung bingung-nya cari sekolah sedangkan temenku uda banyak yang diterima (diterima di PTS read:buat jaga jaga) :' nah aku??? bingung banget mau sekolah dimana. sebenernya aku punya prinsip *ceileh* apapun universitasnya yang penting dijogja *cintamatibangetamajogja*


        Akhirnya setelah beberapa hari berlalu. Temenku ada yang diterima di UII (Universitas Islam Indonesia) lewat jalur CBT, dia ambil ilmu ekonomi. Nah, sempet aku tertarik dan akhirnya diskusi sama mbak sama ibuk, gimana kalo aku coba-coba  daftar kalau diterima kan Alhamdulillah buat jaga-jaga kalau seumpamanya ndak diterima di PTN. Aku tanya-tanya ke temenku itu gimana tes-nya terus dia naik apa. dan lain lain lain lainnya


       Hari-H aku sama mbak berangkat dari ngawi ke jogja naik kereta madiun jaya yang harga tiketnya cuma 50.000 (sekarang uda ndak beroperasi). Keretanya bagus, ac-nya dingin, bersih. Pokoknya pas banget sama kantong. kita turun di stasiun lempuyangan, Sebenernya bisa juga turun di stasiun tugu tapi menurutku mending turun di lempuyangan aja lebih deket. Oya, kita berangkatnya jam setengah 7 emang jadwalnya segitu dan kalo ditempatku itu bisanya langsung beli tiket ndak bisa pesen dulu, jadi kalo ndak mau tiketnya kehabisan yang datang pagi-pagi banget ya sekitar jam setengah 6 an. *sekarang madiun jaya ndak beroperasi*


       Sampe di Jogja jam 10. abis itu kita keluar, dan stop dulu! banyak banget yang nawarin ojek, Lebih baik jangan mau karena tarifnya mahal. Dari stasiun ke UII masih lumayan jauh (bahkan jauh). Sebenernya aku naik taksi yang no-argo ya. soalnya kan aku sama mbak tanya ke taksi warna ijo (ber-argo) nah itu kisaran bayarnya 100K lebih *gilepo* terus lemes deh nih kaki, mana waktu terus jalan lagi. akhirnya duduk di warung diskusi sama mbak gimana enaknya. Nah, ada bapak bapak yang nyamperin dan nanya "butuh taksi" terus aku jawab "iya" pokok intinya ke UII naik taksinya bapak ini dibandrol 100K tapi aku nawar jadi 70K. ya boleh lah, lumayan


          Tapi kalau kalian yang mau berhemat bisa kok naik Go-Jek, insyaAllah tarifnya lumayan murah, itu kalau sendiri, kalau rame rame ya mending taksi bisa patungan. pengen lebih irit lagi? naik trans jogja aja, tanya tanya aja ke orang transjogja yang deket lempuyangan dimana,kalau uda nanti turun di perempatan kentungan, abis dari perempatan kentungan jalan aja dikit terus nunggu angkot lewat bilang turun UII gitu, bakal sampe kok *butuh kesabaran ekstra kalau naik angkot, lelet banget* bisa naik apa aja ke UII, entah itu jet pribadi, helikopter, pesawat -___- yang penting jangan jalan kaki ya, kasihan kakimu :v


Back..

        Akhirnya sampai juga :D Sebelumnya nyasar 3 kiloan *keblabasen*. itu gara gara aku lihat di maps, aku cari "gedung muhammad adnan D3" ITU JANGAN DI PERCAYA, SALAH ITU MAPSNYA, LANGSUNG TURUN UII AJA . bingung tempat tes-nya dimana. terus tanya ke salah satu mahasiswi yang cantik dan baik, katanya suruh tanya ke satpam aja. Tanya ke satpam dimana bayar uangnya terus ditunjukin. Setelah bayar aku ke lantai bawah (ketempat tes CBT). Sempet deg-deg an juga -___- aku ucap bissmillahhirrahmannirrahim biar perjuanganku ke jogja jauh-jauh ndak sia-sia. Tesnya meliputi agama islam, bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, dan penalaran (sejenis TPA gitu). Nah yang matematika menurutku sebagian ada yang gampang sebagian ada yang sulit, kalau bahasa indoneia nggak susah banget kok, terus yang bahasa inggris ada kayak grammar gitu tapi ya nggak susah buanget, bisa pastinya, yang agama islam juga ndak susah susah banget.  Yang penting belajar aja pasti bisa og. Oya, saintek atau soshum nggak ada disini, jadi ndak usah khawatir. Semoga lolos teman teman ({})

      Waktunya 90/100 menit 100 soal. Nah itu aku sisa 30 menit an, deg-deg an mau klik 'selesai' dengan penuh keberanian dan keyakinan aku klik dan. . . . . Alhamdulillah Ya Rabb 'DITERIMA' di pilhan kedua, pilihan pertama aku ambil hukum islam, pilihan kedua aku ambil pendidikan agama islam. Sumpah, aku bersyukur banget soalnya uang catur dharma ku ndak banyak banyak banget, cuma 1,4 doang. Temenku malah ada yang 8 jt, 10 jt, bahkan 17 jt. Jadi kalo bisa kalian belajar yang tekun biar dapet rangking tes-nya terus bayar uang catur dharmanya murah :P atau kalian bisa liat disini soal catur dharma UII 


      see you di UII ya? semoga sukses  *Aamiin* :)
















101 komentar:

  1. mbak fbnya apa? mau tanya2 dong

    BalasHapus
  2. Ree, itu uda ada hyperlink nya :))

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mbak aku mau minta id line dong mau tnya tntang tes di uii apa ajh

      Hapus
    2. Assalamualaikum kak. Minta id linenya boleh? Saya mau tanya2 ttg soal cbt uii

      Hapus
  4. jadi setelah mengerjakan langsung pengumuman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, karena itu cbt. kalau pbt ada pengumuman nunggu berapa hari gitu :))

      Hapus
  5. mbak saya mau tanya kalau saya daftar pbt 1 dan tidak lulus pbt 2 apakah harus melampirkan persyaratan lagi mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau pbt saya kurang tau
      coba kamu dm twitter https://twitter.com/pmbuii
      biasanya dijawab :)

      Hapus
  6. mbak saya mau tanya kalau saya daftar pbt 1 dan tidak lulus pbt 2 apakah harus melampirkan persyaratan lagi mbak ?

    BalasHapus
  7. mbak saya mau tanya kalau saya daftar pbt 1 dan tidak lulus pbt 2 apakah harus melampirkan persyaratan lagi mbak ?

    BalasHapus
  8. mbk kisi-kisi soalnya meliputi apa ya ,mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada kisi-kisi, hehe
      tapi kalau yang bahasa inggris kebanyakan grammar (pengalaman)

      Hapus
  9. Yang tahun ini kira" mapel tesnya sma gak ya???

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Mbak, kalau keterima cbt dan sudah bayar tapi suatu saat tidak jadi masuk uii, uang yg dikembalikan berapa % ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikembalikan tapi tidak sepenuhnya, setau saya dipotong 1 jt untuk administrasi
      selebihnya kurang tau, hehe :)
      coba tanya di twitter pmb uii, biasanya dijawab

      Hapus
  15. Sis mau nanya, materi buat matematika dan agamanya apa aja ya? Bingung belajarnya nih, tolong yg spesifik ya matematikanya ya hehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo spesifiknya si saya lupa lupa ingat, soalnya kan cbt jadi ndak dipublikasikan soal soalnya

      Hapus
  16. Assalamualaikum. Mau nanya kalau tanpa langsung ke uii nya buat test melalui cbt bisa ga ya? Saya soalnya jauh dari jogja. Jadi maunya test dirumah aja. Apa harus ke uii nya langsung untuk tes berbasis komputer? Mohon jawab yaa mba;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tes cbt ndak cuma di jogja kok, coba buka web pmb UII aja, insyaAllah lengkap infonya

      Hapus
  17. Mbak tumpang tanya,, biaya catur darma itu di bayar berapa kali selama kuliah? Balas ya mbak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya dibayar tahun pertama masuk kuliah dan dicicil 4x
      catur dharma itu cuma sekali doang kok bayarnya

      Hapus
  18. Mba maaf numpang tanya .. kira2 soal CBT yg matematika itu rata2 ttng baris deret,integral,peluang gitu bukan ya ?

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum mbak, mau nanya, tolong jawaban dan bantuannya yaa. kalo seisal kita udah daftar CBT UII apa kita masih bisa daftar PBT UII ?

    BalasHapus
  20. thx bgt mbakkk.... membantu sekali blognya :)

    BalasHapus
  21. Mba maaf numpang tanya .. kira2 soal CBT yg matematika itu rata2 ttng baris deret,integral,peluang gitu bukan ya ?
    Payah ya mba soal cbt nya?

    BalasHapus
  22. Ass.. Mbak soal yg keluar bukan jurusan yg kita ambil ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan, jadi ya 5 mapel itu yang diujikan (CBT lho ya, kalo yang lainnya kurang tau)

      Hapus
  23. Assalmualaikum, mbak utk yg daftar Fk apa soalnya sama dengan yg selain fk?

    BalasHapus
  24. mbak, soal masuk UII ini apa sistemnya kayak SBMPTN kalau gabisa dilewat saja, atau harus diisi semua? terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi sistemnya ndak ada poin minus, kalo bisa ya di jawab semua

      Hapus
  25. Assalamualaikum, mba boleh minta id line?

    BalasHapus
  26. Disini ada yang mau tes cbt tahun ini gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga (meskipun angkatan tua pake banget)

      Hapus
    2. mau ikut test tahun ini, tapi blm dapet kisi kisinya nih jd ga PD

      Hapus
    3. Wahh banyak yang minat di UII, mangaatsss semoga jadi bagian keluarga UII'17 ya ^^

      Hapus
  27. kak, saya mau tanya-tanya juga dong. ada kontak WA? atau FB?

    BalasHapus
  28. Mba ada kontaknya gak,,atau kaka2 yang sudah tes CBT ,,saya dari Makassar masih minim info nih.mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Add line boim1796 saya jg test tadi tpi gagal besok kamis mau coba lg

      Hapus
    2. Add line boim1796 saya jg test tadi tpi gagal besok kamis mau coba lg

      Hapus
    3. Lewat cbt? boleh dong kasih bocoran soalnya

      Hapus
  29. Yang mau daftar UII tahun ini bolehlah ayuk bikin grup wa atau apa buat sharing sharing hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk segera digerakin siapa nih yang mau gerak? maaf btw aku angkatan tua hehehehe dan maaf ini nama user di blogernya rada alay

      Hapus
    2. Belum ada juga kah grupnya hingga saat ini? Kalau sudah, boleh aku join?

      Hapus
    3. siapa nih yg mau bikin? join boleh ya

      Hapus
  30. oiya mbak, itu soalnya ada point plus mines ngak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin bantu menjawab, untuk tes cbt tidak ada plus minusnya jadi usahakan jawab semua

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum mbak, klo Agama Islam menurut pengalaman mbak, kasih tahu dong mbak soal" yang mbak ingat apa aja ?
    Terimakasih ya :)

    BalasHapus
  33. Halo kak, boleh minta kontaknya? Mau tanya-tanya seputar uii;)

    BalasHapus
  34. alhamdulillah keterima tekkim uii 2017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada nomer wa ga mas? Saya ga pake line

      Hapus
    2. Alhamdulillah, seneng dengernya :)

      Hapus
  35. yang mau soal" uii membantu banget saya kasih cuma" id :yudha_yhl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dong kirim ke email aku ya putriarneta1999@gmail.com . Aku tadi ikut test tp kurang beruntung nih kayaknya

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. apa aja ya persyaratan daftar cbt uii

    BalasHapus
  38. Kenalin aku lana. mau tanya nih, mata pelajaran yg diujikan itu apa aja ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau waktu saya tes cbt dulu
      ada matematika, ilmu agama, bahasa indonesia, bahasa inggris, dan penalaran

      Hapus
    2. lebih lengkapnya bisa buka di web pmb uii ya. semangat :)

      Hapus
  39. Ka aku mau nanya dong, tes uii itu susah banget ga ka? terus materi yang keluar di matematika itu aritmatika doang apa ada yang lain ka ? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak susah, asal mau berusaha dan doa ^^
      ndak cuma aritmatika, ada yang lain juga
      cuman saya sudah lupa, karena hampir 2tahun yang lalu saya tes nya, hehe
      dan mungkin soal dari tahun ke tahun bisa saja berubah. semangat ya

      Hapus
  40. Ka aku mau nanya dong, tes uii itu susah banget ga ka? terus materi yang keluar di matematika itu aritmatika doang apa ada yang lain ka ? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak susah, asal mau berusaha dan doa ^^
      ndak cuma aritmatika, ada yang lain juga
      cuman saya sudah lupa, karena hampir 2tahun yang lalu saya tes nya, hehe
      dan mungkin soal dari tahun ke tahun bisa saja berubah. semangat ya

      Hapus
  41. mba? jadi kalo cbt itu engga ada soal soal soshum atau sainstek ya? jadi hanya soal soal yang umum saja?

    BalasHapus
  42. gila, saya gagal cbt udah 2x padahal ngerjainnya hampir sepenuhnya bisa. hmmmm kekurangan seleksi ini kita gatau score kita berapa, dan setiap kali tes soalnya selalu berubah, jadi harus bener bener menguasai materi.

    BalasHapus
  43. Kalau tes dihari H dan gagal bisa tes lagi dihari yang sama nggak ya? Pliss bantu

    BalasHapus
  44. mba mau tanya, kalo seumpama cbt pertama gagal, trs bisa ngulang tanpa harus membayar lagi kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau aku tetep bayar lagii. Kan itu perlu regis gitu

      Hapus
  45. Mba itu score minim untuk lolosnya brp?

    BalasHapus
  46. Dana caturdarma itu tergantung nilai dan jurusannya mbak . Hehehe

    BalasHapus
  47. Mba, apakah soal cbt uii dari tahun ke tahun itu sama ??

    BalasHapus
  48. Kak mau nanya mapel tes nya apa saja ya?

    BalasHapus